Sejarah Jambore Dunia Pertama

Di Olympia, London, Inggris, tahun 1920. 8000 Pramuka (Pandu) dari 32 Negara memenuhi undangan Baden Powell. Lokasinya di sebuah gedung besar beratapkan kaca. Lantainya lalu ditutupi dengan tanah untuk berbagai kompetisi.
Sejarah Jambore Dunia
Beberapa peserta Jambore Dunia yang bukan anggota pandu adalah: Seekor aligator dari Florida, seekor bayi buaya dari Jamaica, seekor anak singa dari Rhodesia, kera kera dari Afrika Selatan, Seekor bayi gajah, dan seekor unta. Pada kesempatan Jambore tersebut, Baden Powell dinobatkan menjadi the Chief Scout of The World (Bapak Pandu Sedunia).
Sejarah Jambore Nasional
Beliau berkata "Jika telah menjadi keinginan kalian semua, marilah kita semua melangkah maju penuh kesungguhan untuk berkembang, diantara kita semua dan anak anak kita, sebuah pembinaan dengan semangat persaudaraan, sehingga kita bisa membantu mengembangkan dan membangun perdamaian dan kebahagiaan diseluruh dunia dan semua keinginan baik seluruh umat manusia."
Jambore Dunia Pertama
Jambore Dunia Pertama
Pelaksanaan Jambore Dunia telah membuka masyarakat dunia tentang keberadaan Organisasi Kepanduan, baik ditingkat negara negaranya masing masing maupun juga diseluruh dunia. Efeknya bagi para pandu di negara negara jajahan menjadi lebih bersemangat untuk merdeka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar